Thursday, April 26, 2012

Menu - Menu dalam SPSS

Menu-menu pada jendela data editor dapat dilihat pada gambar
File
Menu ini berhubungan dengan segala sesuatu tentang file data seperti membuat file baru, membuka file tertentu, mengambil file data dari program lain, mencetak isi data editor dan sebagainya sesuai dengan perintah yang ada dalam menu file.
Menu-menu yag terdapat pada file adalah :

 
Edit
Menu ini berfungsi untuk melakukan perubahan atau memperbaiki data seperti: mengkopy data, menghapus atau yang lainnya. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengubah setting pada Options (output, label, Script dan lainnya).
Tampilan menu edit adalah : 
 
View
Menu ini berfungsi untuk mengatur status toolbar, penampakan value label dan lainnya.
Data
Berfungsi untuk melakukan perubahan data SPSS secara keseluruhan seperti mengurutkan data, menyeleksi data, menggabung data dan sebagainya.
Transform
Berguna untuk melakukan modfikasi terhadap data, misal membuat variabel baru dengan cara mengelompokkan data, membuat variabel baru dengan cara melakukan fungsi matematika (kali, bagi, tambah, kurang) atau perubahan variabel lainnya dengan kriteria tertentu.

Analyze
Menu ini merupakan menu inti dari SPSS. Menu ini berguna untuk melakukan semua analisis dan perhitungan statistik baik analisis univarit, bivariat dan analisis multivariat. Pada menu ini terdapat berbagi uji statistik seperti uji T, uji anova, uji regresi, uji korelasi, uji chi square dan lain sebagainya:
Graphs
Menu ini berguna untuk membuat berbagai jenis grafik dalam mendukung analisis statistik terutama untuk analisis univariat. Berbagai grafik yang ada seperti pie, scatter plot, histogram, bar, line dan sebagainya
Utilites
Merupakan menu pendukung yang memberikan informasi tentang file yang sedang dikerjakan dan mengatur tampilan menu-menu yang lain.
Add-ons
Merupakan menu tambahan yang memberikan berbagai informasi tentang SPSS dan statistik lainnya seperti sampel power, pelatihan SPSS dan sebagainya. Sehingga dengan membuka menu ini kita menjadi tahu web.site internet yang memberikan informasi tentang SPSS sesuai dengan kebutuhan kita dan langsung dapat diakses ke internet sesui dengan kebutuhan
 Window
Menu ini berfungsi untuk berpindah (switch) diantara menu-menu SPSS
Help
Menu ini berfungsi menyediakan bantuan informasi mengenai program SPSS yang bisa diakses dengan mudah dan jelas

Selanjutnya  Pembuatan Template atau data di SPSS

6 comments:

Mayna said...

makasih dah share....

Vick said...

mas bro sangat berguna..
thanks yaw.. :)

Unknown said...

min Menu-menu d jendela data editor spt file, edit, view dll kok nda muncul y ? q pke windows 8 apa nda comppatible ? mhon infox

riptoagung said...

Trims yahh informasinya.

Wahyu budi santoso said...

Yang butuh spss 16,21,22,23,24 hubungi 082322576215

Wahyu budi santoso said...

Yang butuh spss 16,21,22,23,24 hubungi 082322576215