Thursday, April 26, 2012

Analisis Data

Sering kita binggung ketika dihadapkan dengan analisa data  yang akan digunakan dalam sebuah penelitian,  pada dasarnya Analisis Data Secara Garis Besar terbagi atas 3 Yaitu :
  
Analisis Univariat

Analisis Univariat disebut Juga dengan analisis Deskriptif  yaitu analisis yang menjelaskan secara Rinci Karakteristik masing-masing variabel yang diteliti. untuk data kategorik maka masing-masing variabel dideskripsikan dalam bentuk persentase. sedangkan untuk data numerik maka masing-masing variabel dapat dideskripsikan berdasarkan ukuran tengah (mean, Media, Modus), Ukuran sebarannya (nilai Minimum, Standar Deviasi, Varian dan Inter Kuartil range)


Analisis bivariat
Analisis bivariat merupakan analisis untuk melihat hubungan antar dua variabel. Untuk analisis bivariat, maka terlebih dahulu dirumuskan hipotesis. Jenis uji statistik yang akan digunakan sangat tergantung pada jenis data dari masing-masing variabel. Sebagai gambaran penggunaan uji berkaitan dengan jenis data, dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Analisis Multivaraiat 


Analisis Multivaraiat  adalah Analisis yang menghubungkan beberapa variabel independen dengan minimal satu variabel dependen. Analisis multivariat berusaha untuk mengetahui seberapa jauh suatu variabel independen memepengaruhi variabel dependen setelah dikontrol oleh variabel lain.

2 comments:

andri said...

Good post.....

Nonit said...

Rumus-Rumus nya donk di Posting tks sebelumnya.......